Woku Belanga, Makanan Khas Manado Yang Kaya Bumbu

Woku Belanga, Makanan Khas Manado Yang Kaya Bumbu

609

Makanan khas Manado terkenal dengan bumbu yang melimpah dan rasa pedas yang menggoyang lidah, salah satunya Woku Belanga. Woku Belanga sendiri merupakan salah satu diantara beragam jenis Makanan khas Manado yang kaya akan bumbu. Masakan berbahan dasar ikan ini awalnya dimasak dengan menggunakan daun woka. Daun woka adalah sejenis janur yang lebar.

Dahulu kala, leluhur suku Minahasa menggunakan daun woka untuk membungkus mayat sebelum dikuburkan. Selain itu daun ini juga dipakai untuk menggantikan atap rumah sebagai pelindung panas atau hujan.

Seiring berjalannya waktu, daun woka dipakai untuk membungkus makanan yang seperti nasi dan lauk. Pemakaian daun woka untuk memasak sudah dipraktekkan sejak dulu. Lauk yang didalamnya berisi ikan dan bumbu yang di bakar dalam bungkusan daun woka ini dinamakan Woku mirip dengan pepes.

Pada masyarakat perkotaan, kemudahan mencari jenis daun ini tidak begitu besar dibandingkan dengan yang ada di desa. Kemudian berkembanglah suatu cara memasak woku ini. Selain sebagai pepes, woku ini dimasak tanpa daun woka lagi, melainkan langsung dimasak di wajan atau belanga yang dikenal dengan Woku Belanga.

Makanan Khas Manado lainnya yang wajib Anda cicipi:
Bubur Manado, Sarapan Sehat Warga Sulawesi Utara
Klappertaart, Kue Khas Manado Dengan Cita Rasa Penjajahan

Woku Belanga sedikit berbeda dengan woku. Woku merupakan jenis makanan yang tidak berkuah, sedangkan Woku Belanga merupakan jenis masakan berkuah. Woku Belanga ini adalah makanan sehari-hari di rumah orang Manado dan di Sulawesi Utara, tak heran jika Anda akan dengan mudah menemukan makanan ini pada sebagian besar rumah makan / restoran yang ada di Manado dan sekitarnya. Hal ini karena bumbu untuk membuat masakan ini dapat dibudidayakan di halaman rumah. Selain kemudahan mendapatkan bumbu masak, protein untuk masakan ini juga bisa ditentukan sesuai selera.

woku belanga makanan khas manadoProtein yang digunakan beragam, mulai dari berbagai ikan laut dengan daging yang dagingngya tidak mudah hancur saat dimasak. Potongan ikan bisa dipilih hanya kepala ikan saja atau seluruh bagian ikan utuh yang dipotong-potong. Cara memasaknya pun begitu mudah untuk dipraktekkan bagi pemasak pemula sekalipun. Singkatnya kita hanya perlu menyiapkan bumbu, memotong dan menghaluskan bumbu, menumisnya dengan protein dan ditambah dengan air.

Resep Membuat Woku Belanga

Masih ragu untuk memasak ini? Berikut ini ada resep yang bisa dilihat untuk dipraktekkan dirumah. Bahan-bahan:

  • 250 gr ikan laut segar(gembung, goropa atau kakap) atau ayam mentah
  • 600ml air
  • 2 buah tomat ukuran sedang, potong sedang
  • 3 daun bawang, potong serong
  • 1 lembar daun pandan
  • 2 batang serei, dimemarkan
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun kunyit
  • Daun kemangi secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menumis
  • Bumbu halus : 12 buah cabe rawit, 2 biji kemiri, 1 cm kunyit, 1 cm jahe

woku-belanga kuliner khas manado yang kaya bumbuCara Pembuatan Woku Belanga

  1. Bersihkan ikan, lumuri garam secukupnya dan potong sesuai keinginan, sisihkan
  2. Haluskan bumbu halus dengan ulekan atau blender
  3. Tuang minyak secukupnya dalam wajan dan tumis bumbu halus sampai harum
  4. Masukan serei, daun jeruk, daun pandan, tomat diaduk hingga aroma bumbu keluar
  5. Tambahkan ikan, tumis sebentar lalu masukan air
  6. Saat air mendidih dan ikan sudah masak, masukan daun kemangi dan daun bawang sebelum diangkat
  7. Angkat dan sajikan

Waktu memasak kurang dari 15 menit. Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba membuat Woku Belangan dengan olahan daging ayam, maka waktu untuk memasak bisa lebih lama. Oh ya, resep membuat Woku Belanga yang disebutkan diatas bisa untuk dikonsumsi 2 orang. Sedikit tips untuk Anda yang menginginkan rasa yang lebih pedas, silahkan tambahkan lagi cabe rawit dalam pengolahannya.

Jika Anda ingin mencoba menikmati lezatnya Woku Blanga yang kaya bumbu, Anda bisa dengan mudah menemukan makanan ini di hampir semua rumah makan yang ada di Kota Manado. Tertarik mencicipi Woku Blanga?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY