Bila anda mengunjungi Kota Manado jangan lupa untuk meneruskan perjalanan ke Pantai Pulisan. Memang bila kita mendengar tentang tujuan wisata pantai di daerah Sulawesi Utara, yang paling sering terdengar atau direkomendasikan adalah pulau-pulau seperti Bunaken, Siladen, Gangga dan Lembeh yang pantai-pantainya sangat indah. Pantai-pantai yang berada Sulawesi Utara yang memang sudah sering diulas, dibicarakan dari mulut ke mulut, dan nama-namannya pun sudah mendunia. Tapi jarang yang mendengar satu pantai Indah yang terletak di Likupang, Minahasa Utara ini. Pantai ini merupakan bukti nyata bahwa Sulawesi Utara memiliki ‘surga di dunia’ yang banyak belum banyak terjamah.

Bagi mereka yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Pantai Pulisan, bertelanjang kaki di atas pasir pantainya yang putih bersih serta gradasi hijau-kebiruan-biruan pantai ini memang seperti perwujudan dari surga. Pantai Pulisan membelakangi bukit-bukit pendek dan pepohonan yang rindang, yang membuat anda seolah-olah sedang berada di pantai pribadi. Seperti terisolasi, pantai ini akan memberikan anda sensasi bahwa anda sedang berada di sebuah pantai di kawasan Samudera Pasifik yang sunyi.

Pemandangan pantai pulisan dari puncak bukit
Pemandangan pantai pulisan dari puncak bukit, Foto: Gladly

Tak seperti pantai-pantai di Sulut yang biasa dikunjungi turis, pantai yang baru booming 2015 lalu ini memiliki kekhasannya sendiri, belum lagi alam bawah lautnya yang belum sepenuhnya dieksplorasi keindahannya. Kekhasan Pulisan adalah rindangnya pepohonan di sana yang di sertai bukit berbatu, dan bukit savanna yang cantik ketika terpapar oleh sinar mentari, spot pantai yang lebih dari satu, goa serupa laguna, laut berwarna biru muda yang menyegarkan. Habitat alami dari hutan pantainya juga menawan. Burung Maleo dan monyet Makaka Hitam bisa ditemukan di situ. Dikabarkan juga penyu besar menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk bertelur.

Jadi untuk bisa menikmati sepenuhnya surga Pulisan Anda hanya butuh merogoh uang sebesar lima belas ribu untuk masuk ke kawasan Pantai dan untuk menjelajahi berbagai spot seperti gua dan spot lain yang tidak kalah indahnya. Anda juga dapat menyewa perahu dengan harga yang cukup terjangkau untuk dapat menjelajahi berbagai keindahan lainnya di sekitar kawasan pantai ini. Pulisan merupakan pantai yang menawarkan berbagai keindahan dan kenikmatan alam tanpa harus menguras kantong Anda. Apalagi, tempat untuk berkemah juga disediakan dan yang perlu kita jaga sebagai penikmat alam yang bertanggung jawab adalah kebersihan dan kelestarian dari pantai ini.

Pantai Pulisan di Minahasa Utara
Pantai Pulisan, Foto: Alan

Kendati demikian, Pantai Pulisan yang berjarak lima puluh kilometer dari Kota Manado ini juga mempunyai resort dan tempat penginapan bagi mereka yang ingin merasakan kenyamanan yang poll! Bila kelaparan atau haus, jangan terlalu khawatir bila Anda tidak membawa bekal, karena warga sekitar juga menjual makanan dan minuman yang cukup terjangkau di dekat situ. Dianjurkan untuk membawa kendaraan pribadi bila hendak ke Pulisan karena masih minimnya kendaraan umum yang langsung menuju ke Pulisan dan batas waktu yang mungkin saja tidak sesuai bagi para turis. Bila membawa kendaraan pribadi siapkan saja uang sebesar tidak kurang dari seratus ribu, ini dikarenakan biaya parkir yang ditetapkan oleh pengelola setempat.

Sekarang ini banyak sekali turis domestik maupun mancanegara yang menikmati booming dari keindahan pantai ini. Banyak yang ke sana untuk sekadar asyik berselfie di bukit savannah pantai ini dan bersantai pada akhir pekan untuk melepas suntuknya hari-hari kerja. Dengan jarak yang bisa dibilang sangat terjangkau dari Kota Manado, bila menimbang destinasi-destinasi lainnya, tentunya Pulisan akan menjadi tujuan yang menyegarkan untuk beristirahat, berpiknik, berkemah, berpetualang, mengeksplorasi keindahan bawah lautnya serta memanjakan mata kita dengan melihat horizon pantai yang seolah penuh dengan wibawa dan warna hijau toska Pantai Pulisan yang sangat luas.

LEAVE A REPLY