Mie Cakalang dan Sensasi Gurih Ikan Kaya Protein

Mie Cakalang dan Sensasi Gurih Ikan Kaya Protein

Selain dikenal dengan hidangan khas bubur Manado, Sulawesi Utara yang memiliki sumberdaya perikanan yang sangat produktif juga dikenal dengan berbagai hidangan makanan lautnya yang lezat-lezat salah satunya yaitu Mie Cakalang. Salah satu hasil laut yang cukup melimpah di Sulawesi Utara ialah ikan cakalang.

Ikan yang kaya akan protein dan omega 3 ini merupakan makanan laut favorite masyarakat Sulawesi Utara, sehingga jika berkunjung ke Manado Anda akan menjumpai banyak hidangan berbahan ikan cakalang. Umumnya sebagian pasokan ikan cakalang di Manado dipasok dari Kota Bitung, yang dikenal sebagai Kota Cakalang karena hasil tangkapan cakalangnya yang sangat berlimpah.

Ikan cakalang biasanya diolah sederhana menjadi ikan bakar, atau ikan cakalang rica-rica. Bagi Anda yang sedang atau berencana berkunjung ke kota Manado, Anda juga wajib mencicipi salah satu hidangan khas yang juga menggunakan ikan cakalang sebagai bahannya, apa lagi kalau bukan Mie Cakalang.

Mie Cakalang Manado
Foto: instagram.com/sumokol

Jika biasanya Anda menyantap mie dengan suwiran daging ayam atau daging sapi di atasnya, Mie Cakalang tampil beda dengan suwiran daging ikan cakalang, taburan bawang goreng renyah, dan potongan sawi segar di atasnya. Mie Cakalang umumnya menggunakan ikan cakalang fufu, atau ikan cakalang yang telah diasap yang juga merupakan makanan khas Sulawesi Utara. Aroma khas ikan cakalang akan membuat napsu makan Anda bertambah sesaat setelah semangkuk mie cakalang tiba di atas meja Anda.

Orang Manado biasanya menyantap Mie Cakalang dengan tambahan sambal roa, sambal bakasang, atau acar timun yang lengkap dengan cabe hijau. Berbicara tentang makanan khas Manado memang selalu identik dengan yang pedas-pedas. Tapi jangan khawatir, Mie Cakalang akan tetap terasa lezat disantap tanpa sambal jika Anda tidak suka dengan yang pedas-pedas. Kuah Mie Cakalang biasanya sudah ditambahkan dengan lada putih yang tentunya rasa pedasnya lebih ramah bagi lidah Anda.

Mie cakalang biasanya dihargai mulai dari Rp.12.000 hingga Rp.15.000 per porsinya. Untuk menemukan mie cakalang di daerah sekitar Manado juga tidak sulit, umumnya warung yang menjual Tinutuan atau Bubur Manado juga menyediakan Mie Cakalang di antara menu andalan mereka.

Mmm, hidangan yang satu ini nampaknya juga sudah cukup terkenal di seantero Indonesia, sehingga Anda dapat dengan mudah menjumpainya dalam bentuk mie instan di beberapa supermarket di kota-kota lain di Indonesia. Tapi, tentu rasanya akan jauh berbeda dengan Mie Cakalang yang Anda santap langsung ketika berkunjung ke kota Manado.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY