Cakalang Fufu, Kuliner Khas Manado Yang Bikin Kamu Ketagihan

Cakalang Fufu, Kuliner Khas Manado Yang Bikin Kamu Ketagihan

Sudah pernahkan Anda mencicipi ikan Cakalang Fufu? Jika belum pernah, maka olahan ikan yang satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang nanti berkunjung ke Sulawesi Utara. Cakalang Fufu merupakan olahan ikan cakalang khas yang diasap menggunakan sabut kelapa. Ikan Cakalang sendiri merupakan salah satu komoditi perikanan tangkap utama yang ada di Sulawesi Utara. Selain memiliki kandungan protein dan omega 3 yang tinggi, Cakalang juga memiliki potensi nilai ekonomi yang besar, sehingga menjadi salah satu incaran utama tangkapan para nelayan.

Kota Bitung, sebuah kota kecil yang terletak di bagian utara provinsi Sulawesi Utara ini merupakan salah satu penyuplai utama ikan Cakalang untuk Kota Manado dan sekitarnya. Karena hasil tangkapan ikan Cakalangnya yang melimpah, tidak heran jika Kota Bitung dijuluki sebagai Kota Cakalang. Ketika Anda mulai memasuki daerah perkotaan Bitung, maka jangan heran jika Anda menemukan banyak patung ornamen ikan cakalang di beberapa sudut kota. Tak cukup bukti sebagai Kota Cakalang? Semerbak aroma asapan Ikan Cakalang akan menyergap penciuman Anda seketika memasuki Kota Bitung, terutama saat melawati Kelurahan Girian yang hampir sebagian masyarakatnya bermata pencaharian sebagai pengusaha Ikan Cakalang Fufu.

Cakalang Fufu Manado
Foto: mytraveland fooddiary.wordpress.com

Pada awalnya cara pengolahan Ikan Cakalang dengan teknik pengasapan merupakan strategi yang dilakukan agar Ikan Cakalang bisa lebih tahan lama dan dapat dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu, mengingat hasil tangkapan ikan cakalang yang sangat banyak dan butuh penanganan ekstra untuk tetap menjaga kualitas kesegarannya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, olahan ikan Cakalang Fufu menjadi sangat digemari oleh masyarakat karena rasa dan aroma khas asapnya yang sangat menggugah selera.

Satu ekor Cakalang Fufu yang dijepit beberapa bilah bambu biasanya dijual pada kisaran harga 30.000-60.000 rupiah. Harga Cakalang Fufu memang sedikit lebih mahal dari ikan segar biasa, karena proses pengasapannya yang memakan waktu hingga 10-12 jam demi mendapatkan Cakalang Fufu yang matang sempurna.

Cakalang Fufu biasanya diolah orang Manado menjadi Ikan Cakalang Rica-rica, hidangan pedas nan nikmat yang menjadi lauk sehari-hari masyarakat Sulawesi Utara. Karena kenikmatan Ikan Cakalang Fufu, tak sedikit warga Manado yang merupakan penggemar berat Cakalang Fufu. Ada pula yang memasaknya dengan digoreng lalu disantap bersama sambal dabu-dabu, ada yang juga memasaknya dengan cara dibuat abon cakalang.

Cakalang Fufu - Cakalang Rica-rica
Foto: foodsweety.com

Hidangan khas Cakalang Fufu yang lain salah satunya adalah Mie Cakalang, juga patut Anda cicipi. Cakalang Fufu sebenarnya cocok diolah dengan berbagai macam resep, sehingga bisa disesuaikan dengan selera Anda. Tidak sulit untuk mendapatkan Cakalang Fufu karena selalu menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Manado sebagai salah satu oleh-oleh untuk dibawa pulang ke kampung halaman.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY